BEM FHUI

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Welcome MABA 2008!

Bagi sebagian siswa lulusan SMA di seluruh Indonesia, tanggal 2 Juli 2008 adalah hari yang sudah dinantikan. Penantian itu dimulai sejak mereka mengetahui bahwa mereka telah resmi diterima sebagai mahasiswa Universitas Indonesia, karena hari itu merupakan hari pertama bagi Mahasiswa Baru (MABA) angkatan 2008 yang diterima lewat jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) dan PPKB untuk melakukan registrasi yang bertempat di Balairung UI, Depok dan fakultas masing-masing.

Berdasarkan informasi dari Bahtera, mahasiswa Fakultas Hukum UI (FHUI) selaku Wakil Ketua Departemen Advokasi BEM FHUI, registrasi MABA 2008 akan dilangsungkan dari tanggal 2 Juli 2008 hingga 4 Juli 2008 (bagi MABA wilayah JABODETABEK) dan 6 Juli 2008 (bagi MABA wilayah non JABODETABEK).


Sejak pukul 08.00 WIB, para MABA mengantre di depan papan masing-masing fakultas untuk mengisi absensi dan pengecekan berkas, sementara orang tua mereka duduk menunggu di kursi yang telah disediakan di depan Balairung UI, Depok. Setelah mengisi absensi di samping Balairung, MABA dipersilakan masuk ke dalam Balairung untuk melakukan pendaftaran ulang yang dapat dilakukan hingga pukul 10.00 WIB. Di sisi lain Balairung, sudah ada berbagai mahasiswa fakultas yang membawa papan bertuliskan fakultas mereka agar MABA fakultas tersebut dapat mengikuti mereka ke arah stand fakultas yang disediakan panitia penerimaan MABA. Di sekitar stand fakultas, terdapat pula stand bazaar yang menjual beragam jajanan hingga asesoris yang bernuansa UI.

Di stand fakultas, MABA dapat berkenalan dengan beberapa senior dan diberikan penjelasan mengenai acara-acara yang harus mereka ikuti, misalnya tanggal berapa mereka harus datang kembali ke UI untuk latihan paduan suara, atau briefing BPMB. Setelah mengisi buku tamu dan berbincang dengan para senior, MABA diantar oleh beberapa teman Humas BEM FHUI menuju ke Fakultas Hukum, untuk selanjutnya menyerahkan dokumen yang diperlukan.

Tim Jurnalistik BEM FHUI berhasil wawancarai beberapa MABA FHUI mahasiswa disela-sela menunggu giliran untuk melakukan registrasi. MABA pertama adalah Anya. Ia berasal dari SMA Santa Theresia dan berhasil masuk ke FH melalui jalur PPKB. “Menurut saya FH bagus…” begitu tutur Anya.

Selain Anya, Tim Jurnalistik juga berhasil bertemu dengan Yosa yang berasal dari SMAN 8, Jakarta. Ia mengaku bahwa sebelum diterima di FHUI melalui jalur UMB, ia sudah terlebih dahulu menjadi mahasiswa D3 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UI selama 2 tahun. Ia pindah dari FE karena ia ingin menjadi pengacara, terutama corporate lawyer. Kemudian ada pula Faisal yang berasal dari SMA 1 Medan yang berhasil masuk melalui jalur UMB. Ia memilih FHUI sebagai pilihan pertama karena ingin menjadi pengacara. Begitu pula dengan Tio yang diwawancara ketika sedang menunggu giliran untuk wawancara BOP di lobby fakultas. Tio sangat senang setelah mengetahui bahwa dia berhasil lolos UMB, karena FHUI memang pilihan Tio untuk melanjutkan pendidikannya, agar ia bisa menjadi pengacara di masa depan.

Tim Jurnalistik juga berhasil berbincang dengan salah satu perwakilan orang tua dari salah satu MABA 2008 yaitu Bapak Ketler. Beliau bercerita bahwa beliau sangat bangga terhadap anaknya karena telah berhasil diterima sebagai salah satu mahasiswa FHUI 2008. Beliau juga mengatakan bahwa sangat yakin bahwa kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh FHUI merupakan kualitas yang paling baik di antara yang terbaik. Di akhir wawancara, beliau berpesan agar ospek yang akan diadakan nantinya tidak mengandung kekerasan fisik.

Setelah acara selesai, Tim Jurnalistik berkesempatan untuk mengobrol dengan koordinator lapangan acara penyambutan MABA 2008 ini yaitu Agrey. Ia bercerita pengalamannya dalam menyelenggarakan acara ini. Acara penyambutan ini sendiri merupakan hasil koordinasi langsung dengan BEM UI. Persiapan untuk acara ini sendiri telah dilakukan selama sebulan terakhir. Menurutnya, kendala terbesar dalam acara ini adalah adanya perubahan yang bersifat teknis pada saat pelaksanaan di lapangan. Tetapi kendala tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk membantu para MABA FHUI 2008. (AQ/CK/WP)
SELAMAT DATANG DI FHUI
Selamat berjuang MABA FHUI 2008

Kembali ke halaman depan.

0 comments:

Post a Comment